A.
DASAR PEMIKIRAN
Independent Of Public
Opinion Institute (IPO INSTITUTE) didirikan atas dasar pemikiran
bahwa demokrasi Indonesia akan berfungsi efektif dan stabil jika responsif
terhadap persepsi, ekspektasi dan evaluasi publik. Monitoring opini publik secara
berkala akan menjadi masukan bagi proses politik dan pembuatan kebijakan yang
merupakan kebutuhan dasar sistem demokrasi. Survei yang dilakukan secara benar
merupakan cara yang paling efisien, efektif dan akurat untuk memantau opini
publik.
Di negara dengan
demokrasi yang telah maju, selalu ditandai dengan kehadiran lembaga riset,
kajian, survei atau poling yang kuat. Lembaga-lembaga ini berguna untuk
mengukur apa yang dipikirkan masyarakat, bagaimana mereka menilai kebijakan
pemerintah dan apa pendapat (opini) serta harapan mereka terhadap
pejabat/politisi maupun institusi yang ada. Sehingga dengan survei opini public
tersebut dapat membantu mendekatkan keputusan-keputusan public dengan aspirasi
publik. Dengan demikian, pemerintahan demokrasi akan menjadi semakin legimate, stabil, bertanggungjawab dan
efektif.
Dengan cara itu pula
survei opini publik menjadi ‘barometer’’ aspirasi masyarakat; dan pembuat
kebijakan tak perlu menunggu pemilu 5 tahun lagi atau referendum untuk
mengetahui pendapat publik. Opini publik dan pergeseran prilaku sosial-politik
bisa didapatkan dalam waktu yang singkat, akurat, dan efisien lewat surve opini
publik yang benar. Karena itu survei opini publik bisa menjadi pilar demokrasi
kelima setelah lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif dan pers.
IPO INSTITUTE
menyediakan jasa riset bagi kalangan yang berkepentingan dengan opini publik,
terutama yang terkait dengan kontestasi politik seperti pemilihan umum nasional
maupun daerah dan pembuat kebijakan publik yang responsif terhadap aspirasi
masyarakat. Data hasi survei akan membantu evaluasi dan perbaikan kinerja
pejabat publik, politisi, partai politik, lembaga-lembaga pemerintahan, dan
lembaga-lembaga sosial-kemasyarakatan.
B. PENDIRIAN
Independent
Of Public Opinion Institute (IPO INSTITUTE) didirikan pada
bulan SEPTEMBER 2012, bersifat indepedent, non-partisan dan nirlaba.
Penasehat : H. Muslim, SE, M.Si
: Rahmadi
Djakfar, S.Sos. MTP
: H. Daud
Busro, SE, MM
: Dr. Eko
Kuswanto, M.Si
Direktur
Eksekutif : Ahamd Muhaimin, S.Sos, M.Si
Sekretaris : Zainul Rifqi, M.Si
Bendahara : Zulfika, S.Sos.I
Bidang
Survisior : Hilmin,
M.Pd
:
Feri Novriadi
Bidang
Training Relawan : Bambang
Yusantara, SH
:
Ahmad Adison, S.Sos
Bidang
IT/Instrumen : Afansira Oktrisma. S.Kom
: Fatra Aridlo,
Amd
Bidang
Dokumentasi/ : Rohanah, S.Pd
Logistik :Sri Riskia
Fitriana, S.Pd.I
IPO INSTITUTE bekerja atas prinsip-prinsip akademik (ilmiah) dan analisis statistik yang relevan, serta bersandar pada
kode etik survei opini public dengan Standar Survei
Internasional. Kualitas survei
yang di lakasanakan IPO INSTITUTE terjaga secara akademik dan etis
dengan adanya penasihat akademik. Mereka didukung oleh para ahli dan peneliti
yang kredibel, berpengalaman dan memiliki reputasi dalam studi Indonesia. Kualitas survei yang
dilaksanakan terjaga secara akademik dan etis dengan adanya dewan penasihat akademik yg memiliki reputasi akademik internasional.
C. METODE
SURVEI
Pengumpulan
Data/Penentuan Responden
IPO INSTITUTE
menerapkan prinsip probalitas dalam penarikan sampel. Dalam pengambilan sampel,
IPO INSTITUTE menggunakan teknik multistage random sampling.
Dengan teknik tersebut dimungkinkan setiap anggota populasi mempunyai peluang
yang sama untuk dipilih atau tidak dipilih menjadi responden, sehingga
pengukuran pendapat dapat dilakukan dengan hanya melibatkan sedikit responden.
Meski tanpa melibatkansemua anggota populasi, hasil survei dapat
digeneralisasikan sebagai representasi pupulasi.
Survei yang dilakukan oleh IPO
INSTITUTE mengikuti kaedah-kaedah sebagai berikut :
1.
Metode penarikan sampel : multistage random sapling
2.
Jumlah responden minimal 400 ( margin of error ± 5% pada
tingkat kepercayaan 95%)
3.
Pengumpulan data: wawancara tatap muka dengan responden
menggunakan kuesioner
4.
Kendali mutu survei :pewancara berstatus minimal
mahasiswa dan mendapatkan pelatihan. Wawancara dilakukan kontrol secara sistematis
dengan melakukan cek ulang dilapangan (spot chek) sebanyak 20% dari seluruh
responden
5.
Validasi data : perbandingan karakteristik demografis
dari sampel yang diproleh dari survei dengan populasi yang diproleh lewat
sensus (BPS) atau DPT terbaru dari
KPU.
Kriteria responden
terpilih adalah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat
survei dilakukan. Responden terpilih nantinya akan dikelompokan berdasarkan
kriteria seperti disajikan pada table berikut :
NO
|
KRITERIA
|
KELOMPOK
|
1
|
LATAR
BELAKANG PENDIDIKAN
|
a.
Pendidikan rendah
b.
Pendidikan menengah
c.
Pendidikan tinggi
|
2
|
PENDAPATAN
PERBULAN
|
a.
Pendapatan sangat rendah
b.
Pendapatan rendah
c.
Pendapatan menengah
d.
Pendapatan tinggi
e.
Pendapatan sangat tinggi
|
3
|
JENIS
KELAMIN
|
a.
Laki-laki
b.
Perempuan
|
4
|
PEKERJAAN
|
a.
Formal
b.
Non Formal
|
5
|
WILAYAH
TEMPAT TINGGAL
|
a.
Perkotaan (urban)
b.
Pedesaan (rural)
|
6
|
UMUR
|
a.
Remaja
b.
Dewasa
c.
Tua
|
7
|
STATUS
PERNIKAHAN
|
a.
Belum Meniikah
b.
Sudah Menikah
|
NO
|
PELAKSANA
|
KRITERIA
|
1
|
SUVERVISOR
|
·
Memiliki keahlian metodelogi survei lapangan
·
Mampu mengkoordinir koordinator lapangan
·
Memamahami permasalahan sosial
|
2
|
KOORDINATOR LAPANGAN
|
·
Tinggal dan mengenal daerah/lokasi survei
·
Memahami permasalahan sosial masayarakat setempat
·
Mampu mengkoordinir dan mengawasi kerja surveiyor
|
3
|
SURVEYOR
|
·
Bisa berkomunikasi dengan bahasa setempat
·
Mengenal daerah/lokasi survei
·
Mengenal prilaku masyarakat setempat
·
Memiliki komitmen terhadap kebenaran survei
·
Mampu membuat catatan lapangan
|
D. WAKTU DAN PELAKSANAAN
Pelaksana
surve ini adalah Independent Of Public Opinion (IPO INSTITUTE) yang beralamat
di JL. Perumnas talang kelapa, Blok 003. No. 380 Kelurahan talang kelapa
kecamatan alang-alang lebar Email :IPO Instituteinstitute@yahoo.com, HP 0821
20177788 / 0813 77662215
IPO
Institute institute adalah lembaga riset yang sangat kompetitif karena didukung
oleh beberapa ahli statistika, komputerisasi, kebijakan publik, keuangan,
ekonomi, komunikasi, pertanian, dan sosiologi.
Jadwal waktu survei adalah per tiga bulan berdasarkan pertimbangan
sebagai berikut :
1. Situasi
perekonomian masyarakat yang ditandai dengan kenaikan harga-harga kebutuhan
pokok.
2. Situasi
politik yang semakin hangat menjelang pemilihan umum kepala daerah
(bupati/walikota/gubernur/presiden/ maupun tingkat legislatif)
E.
JASA SURVEI
· IPO INSTITUTE menyediakan jasa riset bagi berbagai
kalangan yang berkepentingan dengan opini
publik, terutama yang berkaitan dengan kontestan politik seperti
pemilihan umum nasional maupn daerah dan pembuatan kebijakan publik yang
responsif terhadap aspirasi masyarakat. Data hasil survei akan membantu
mengevaluasi dan memperbaiki kinerja pejabat publik, politisi, partai politik,
lembaga-lembaga pemerintahan dan lembaga-lembaga sosial-kemasyarakatan..
IPO INSTITUTE melakukan 2 (dua)
jenis survei:
1.
survei publik( non-komersil)
yang dilakukan atas permintaan lembaga-lembaga publik, baik domestik maupun
internasional dan untuk publikasikan. Survei ini berskala nasional dan
dilakukan rutin setiap 3(tiga) bulan sekali.
2.
suvei komesial yang dilakukan atas permintaan individu,
kelompok atau lembaga swasta lainnya. Hasil survei ini sepenuhnya untuk klien
dan tidak di publikasikan kecuali klien bersangkutan menghendakinya.
· OMIBUS : menitipkan pertanyaan
· IPO INSTITUTE membuka kesempatan kepada lembaga atau
individu yang hendak mendapatkan data dan informasi spesifik sesuai kebutuhan.
· Hal tersebut dilakukan dengan cara menitipkan sejumlah
pertnyaan kedalam survei rutin yang dilakukan IPO INSTITUTE
· IPO INSTITUTE akan mengenakan biaya yang terjangkau per
item pertanyaan. Informasi dan data tersebut akan menjadi milik eksklusif
lembaga dan individu yang bersangkutan selama tiga tahun.
Ini adalah cara praktis dan efisien untuk mendapatkan data survei berskala nasional maupun lokal dengan biaya lebih
murah.
mantab luar biasa pak direktur eksekutif IPO.
BalasHapusVisi & Misi
BalasHapusVisi 2013-2018
To be a leading and reputable research institution on Sumatera
Misi 2013-2018
- Concern giving customer satisfaction based on research data
- Commitment on expertise, professionalism and credibility.
- Creating profitable and sustainable value for stakeholders